Senin, 25 Januari 2016

Etika Dalam Pekerjaan Dan Tanggung Jawab Perusahaan

Etika Bisnis - Pada postingan kali ini anda bisa belajar penjelasan tentang pengertian etika dalam pekerjaan, dan menguraikan tugas dan tanggung jawaban Perusahaan terhadap Karyawan. Secara keseluruhan postingan ini akan membantu anda untuk mengerti dalam hal beretika terhadap pekerjaan yang anda lakukan serta hal yang harus anda ketahui tentang tanggung jawab perusahaan terhadap karyawannya.


Karyawan atau pegawai dalam suatu organisasi sangat menentukan untuk berhasilnya tujuan dan sasaran organisasi dengan karyawan yang handal perusahaan dapat dengan tepat waktu menyelesaikan semua program kerja yang telah ditentukan. Peran strategis karyawan didalam perusahaan sebagai asset yang nyata maupun tidak nyata didalam suatu perusahaan. Selanjutnya karywan yang handal dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap suatu perusahaan.

Untuk itu pengelola karyawan atau sumber dayanya sangat perlu dilakukan oleh suatu perusahaan agar dalam menjalankan perkerjaan karyawan dapt bertanggung jawab baik aspek sosial maupu aspek moral. Dalam aspek moral karyawan didalam suatu perusahaan perlu memengedepan nilai-nilai etika dalam tata laku sesama karyawan sehingga terbina human relation didalam perusahaan tersebut. Selain tata laku didalam perusahaan karyawan juga dapat merepleksikan etikanya terhadap konsumen atau masyarakat dalam melayani kebutuhan-kebutuhan konsumen atau masyarakat.

Keberhasilan suatu perusahaan tidak saja diukur kemampuan meningkat kinerja atau profitibilitas bisnis perusahaan namun yang lebih penting lagi keberhasilan dalam membina karyawan sikap dan tingkah lakunya sesuai dengan etika yang ada didalam perusahaan. Keberhasilan tersebut tercermin dari karyawan dalam sikap dan tingkah lakunya memberikan rasa positif dan dirasakan oleh konsumen atau masyarakat. Untuk itu sikap dan tingkah laku karyawan didalam perusahaan sangat menentukan apakah perusahaan tersebut mampu telah mengatur dan mendorong karyawannya berlaku sesuai dengan nilai-nilai yang telah ditetapkan Perusahaan dan berdampak positif dalam pelayanan atau kepuasan konsumen.

Perusahaan diera global saat ini sudah menjadi kewajiban perusahaan menanamkan nilai-nilai etika bisnis bagi seluruh karyawannya agar dalam melaksanakan pekerjaan tidak saja penting bagi perusahaan namun penting juga bagi karyawan menjalankan etika bisnis supaya tidak terjadi pelanggaran yang nanti berdampak terhadap perusahaan dan keberkelanjutan perusahaan.

Perilaku Karyawan Didalam Suatu Perusahaan
Perilaku karyawan didalam suatu organisasi sangat ditentukan oleh latar belakang karyawan tersebut latar belakang karyawan dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal adalah keluarga, dan lingkungan kelompok (Familiy) lingkungan eksternal adalah; sekolah dan tempat pendidikkan pengaruh informasi dan budaya. Lingkungan internal dan eksternal tersebut yang mempengaruhi... (Selengkapnya)

Permasalahan Dalam Kerja Dan Perilaku Etis Dalam Berkerja
Permasalahan yang muncul dalam perusahaan disebabkan karyawan melanggar etika berdampak dari perusahaan antara lain melakukan kecurangan dalam mengunakan fasilitas atau kecurangan memberikan informasi terhadap atasan sehingga pimpinan membuat keputusan terjadi kesalah dan merugikan perusahaan... (Selengkapnya)

Peran Manajemen dalam Etika Di Tempat Kerja
Peran penting manajemen dalam membentuk etika di dalam tempat kerja memberikan rasa ke-adilan kepada pihak karyawan secara jujur dengan kejujuran dapat membangun rasa percaya karyawan bahwa perusahaan tempat berkerja bertanggung jawab dan telah memperlakukan karyawan sepatutnya... (Selengkapnya)

Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Di Indonesia
Payung hukum Kesehatan dan Keselamatan Kerja di indonesia telah dilindungi oleh Undang Di Indonesia, hubungan antara perusahaan dan pegawai telah diatur di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003. Selanjutnya untuk penjabaran Undang-undang tersebut dikeluarkan Ke Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia dengan No.05/ Men/1966.
Telah mengatur tata kelola K3, namun perlu dilakukan informasi Permen tersebut dengan cara:
• Sosialisasi secara kontinyu dengan perusahaan
• Ada kerja sama antara perusahaan, pekerja dan pemerintah pusat, atau daerah
• Peningkatan pengawasan dari instansi terkait (Depnaker)
• Adanya SIM tenaga kerja yang handal

Memperlakukan karyawan berdasarkan keadilan dan kejujuran suatu langkah awal terbangunnya kesama visi dan misi untuk mencapai tujuan dan sasaran di dalam perusahaan. Selain itu dengan perlakukan yang adil akan membangun rasa percaya karyawan dan keterlindungan karyawan sehingga karyawan merasa aman dan merasakan ada kepastian masa depannya dalam berkarya untuk kepentingan Perusahaan.

Keuntungan dan manfaat dari menerapkan rasa adil dan kejujuran dapat membangun etika didalam organisasi atau perusahaan dan memndorong semangat, gairah kerja karyawan sehingga adanya kepuasan kerja yang mendorong setiap karyawan untuk berprestasi dalam melaksanakan perkerja. Lebih pentinglagi bagi perusahaan adalah meningkatnya kinerja dan keberkelanjutan bisnis suatu perusahaan

Well, itulah seputar materi tentang Etika Dalam Pekerjaan Dan Tanggung Jawab Perusahaan. Semoga materi pada postingan di blog ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Share this

Artikel Terkait

Etika Dalam Pekerjaan Dan Tanggung Jawab Perusahaan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email